Tuesday, January 3, 2012

7 Manfaat Si Kecil Membantu Tugas Rumah Tangga

Pasti dibenak kita semua akan terasa senang jika anak kita membantu orangtua nya mengerjakan pekerjaan rumah, bagaimanakah caranya, Mungkin tips ini akan sedikit membantu untuk mendidik anak kita di rumah





1. Melatih kemandirian.

Melakukan tugas sederhana sesuai perkembangan usianya sangat bermanfaat untuk melatih kemandirian anak. Nantinya, anak akan terbiasa melakukan berbagai hal sendiri, seperti mengambil pakaian dari lemari, mengambil makanan sendiri, membereskan sepatu yang telah selesai digunakan, dan lainnya.



2. Melatih motorik kasar dan halus.

Ketika menolong ibu melipat baju, sesungguhnya si prasekolah melatih motorik halusnya. Motorik halus yaitu kekuatan jari-jemari tangannya. Sedangkan saat membantu ayah mengelap mobil yang telah selesai dicuci, ini akan menguatkan otot-otot lengannya.

3. Menambah kosakata.

Sambil membantu, biasanya anak prasekolah yang berada dalam fase ingin tahu akan mengajukan banyak pertanyaan. Nah, di sinilah kesempatan orangtua menambah kosakata dengan menyebut benda-benda yang ditanyakan anak. Bisa juga meminta anak mengambil benda-benda yang disebutkan.Anak akan belajar nama benda tersebut.

4. Melatih konsentrasi.

Pekerjaan sederhana yang dilakukan juga bermanfaat untuk melatih konsentrasi anak. Ia harus bersungguh-sungguh supaya lipatan bajunya rapi, ia harus berkonsentrasi untuk merapikan mainannya, dan lain sebagainya.



5. Melatih kebersihan dan kerapihan.

Anak-anak yang terbiasa mengerjakan pekerjaan rumah, umumnya lebih rapi dan senantiasa menjaga kebersihan. Itu terjadi karena anak terlatih mengerjakan sesuatu dengan standar lebih. Contoh, saat membantu melipat baju bersih, ia akan berusaha supaya lipatannya rapi. Saat menaruh sepatu di rak, itu akan memberinya pemahaman, semua enak dilihat kalau serba teratur.

6. Menjalin kedekatan dengan orangtua.

Aktivitas ini sekaligus bermanfaat untuk menjalin kedekatan anak dengan orangtua. Sembari "bekerja", ajak di prasekolah ngobrol apa saja. Ini akan membuatnya lebih terbuka dan merasa dekat dengan orangtuanya.



7. Memunculkan suasana gembira.

Membantu pekerjaan rumah bisa membuat fun semua. Saat bajunya basah karena membantu mencuci mobil ayah, Anda bisa langsung memandikan anak. Aktivitas seperti ini tentunya menyenangkan bagi anak-anak




sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12248208

0 comments:

Post a Comment